Minggu, 07 Agustus 2011

IRI! Perlukah?



Seringkali saya ngerasa iri ngeliat orang lain. Kalo saya yang sekarang sering iri liat temen lebih pinter, iri liat temen lebih cantik, iri liat temen lebih supel. Kalo dulu saya sering iri liat temen lebih banyak maenannya, iri liat temen lebih banyak uang jajannya, dan iri2 yang laen yg mungkin udah saya lupain. Nah kalo gitu caranya, saya bisa bayangin diri saya 10-15 tahun mendatang bakal iri ngeliat temen lebih sukses, iri liat temen punya keluarga bahagia, iri liat temen punya anak pinter. Pikiran saya terlalu sibuk untuk mikirin hal-hal kayak gitu. Padahal kalo yang saya baca di La Tahzan, jangan sia-siakan waktu, pikiran, dan tenagamu untuk hal-hal yang tidak memberi manfaat *mungkin kata2nya ga sama persis, tapi kurang lebih gitu lah yaaa* Kalo pikiran saya udah dipenuhi iri, kapan waktu untuk memikirkan diri sendiri?? Kapan waktunya untuk mensyukuri kalo saya punya sesuatu yang juga mungkin bikin iri orang lain?? Kapan waktunya untuk memperbaiki diri??

Wajar sih yaa kalo ada perasaan iri ngeliat kelebihan orang di sekitar kita.
munafik kalo saya bilang saya bersikap biasa aja terhadap kelebihan orang lain
Tapi terlalu focus pada pikiran itu malah bikin saya terpuruk.
Jadi suka banding-bandingin.
Jadi suka mengeluh sama keadaan.

Saya jadi ngasumsiin hidup itu kayak jalan di lorong yang kanan kirinya penuh etalase dan cermin. Saya bisa liat diri sendiri saat ngelewatin cermin ato ngeliat kehidupan orang lain yang, saya bayangin, ada di etalase2 itu.
Terlalu lama ngeliat cermin saya jadi liat kekuarangan-kekurangan yang ada di depan saya
Terlalu lama ngeliat etalase jadi bikin iri hati tambah gedhe.
Terlalu lama liat apa yang ada di kanan-kiri lorong bikin perjalanan saya jadi terhenti untuk waktu yang lama juga
Untuk apa? Cuma untuk ngeliat kelebihan orang lain disertai perasaan iri di diri saya
Cuma untuk merutuk dan menyalahkan siapa/apa aja atas keadaan yang saya alami
Wasting time!
Padahal sepanjang perjalanan banyak yang bisa saya lakukan.


Kalo gitu mulai sekarang saya berusaha untuk ga terlalu lama mandang cermin saat lewat.
Berusaha untuk mensyukuri apa yang ada di depan cermin itu
Berusaha untuk memperbaiki diri saat lewat di depan etalase kehidupan, karena dengan begitu saya bisa melanjutkan perjalanan yang saya yakin berujung pada suatu hasil dari tindakan saya selama perjalanan ini

0 komentar:

Posting Komentar